Wednesday 28 November 2012

Free Pukpuk Buat Plat Nomer Ngapak

Satu hari yang cerah, aku pergi bareng omku ke tempat yang pasti kamu nggak tau, karena sebuah urusan yang tentunya bukan urusanmu. Sore itu kami pergi naik mobil ke suatu tempat yang kamu nggak tau itu. Seperti manusia normal lainnya, kami pergi melewati jalan raya. Bukan jalan raya namanya kalo nggak ada traffic light, iya, lampu merah. Kenapa namanya lampu merah padahal lampunya terdiri dari tiga warna.?Biarlah ini menjadi misteri Illahi.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik dan sebagai mahasiswa hukum yang rupawan, tentunya aku sangatlah menjunjung tinggi peraturan-peraturan dalam berlalu-lintas. Kasihan pemerintah yang udah repot-repot bikin Undang-Undangnya, pakai duit rakyat pula.

Saat lampu merah pada traffic light menyala, itu pertanda bahwa pengguna jalan diwajibkan untuk berhenti di belakang marka jalan. Maka berhentilah mobilku dengan menginjak pedal rem. Cukup lama, hampir 60 detik durasi lampu merahnya. FYI, durasi 60 detik adalah durasi lampu merah terlama di kota kelahiranku, Purworejo.

Di sinilah sebuah percakapan antara aku dan omku. A weird conversation ever with my uncle. Tepat di sebelah dan agak belakang dikit dari kendaraanku, ada cewek cakep lagi naik motor matic.

"Wuih, ada cewek cakep, om!"

Oh, ini percakapan biasa kami, mengingat jarak umurku dengan om hanya terpaut sekitar tujuh tahun.

"Cakep sih cakep, tapi ngapak."

Sedikit waktu untuk mencerna kalimat dari omku ini. Belum sempat membalas dengan pertanyaan: "Hah, maksudnya?" si om udah mengimbuhi pernyataanya tadi.

"Bingung? Liat plat nomernya!"

Pengelihatanku langsung tertuju pada plat nomer motor matic yang dipakai si cewek. Masyaallah, ternyata plat nomer dari daerah ngomong ngapak!

Short analysis si om ini sungguh setara detective Conan yang lagi rembugan sama Sherlock Holmes. Sempat-sempatnya dia sampai liat plat nomernya dulu. Dih, rasis banget nih si om, pikirku. Tapi point pentingnya kan cewek cakep. Don't give a sh*t to the language! Hehe...

Cinta itu bukan dari plat nomer, turun ke hati. Dont judge a girl by her license plate. Eh, btw ini kok sampai cinta-cintaan segala? Ini kan cuma hiburan anak cowok. Cowok itu matanya punya kaki, jadi suka ke mana-mana. Mohon dimaklumi. :p

Sekian, semoga hari kita  menyenangkan.