Tuesday 20 November 2012

Free Pukpuk Buat Hari Jamban Sedunia (#survey)

Posting kali ini terinspirasi oleh mention teman pagi ini:


Apa pula ini? Ternyata ada hari peringatan semacam ini, hari closet sedunia. Sebentar, penggunaan kata "closet" agaknya terlalu kebarat-baratan, kata "jamban' lebih menjunjung adat ketimuran. Baiklah, kita ubah kata "closet" menjadi "jamban".

Tanggal 19 November diperingati sebagai hari jamban sedunia, entah siapa pencetusnya. Jaman sekarang hampir segala hal yang berkaitan dengan hajat hidup manusia udah "di-hari-sedunia-in". Mungkin ada juga hari wastafel sedunia, hari bathub sedunia, atau bahkan hari cebok sedunia.

Kata jamban ini sangat berkesan, sensitif di telinga, dan sekaligus mempunyai sisi histori tersendiri bagi kami. Oleh karena itu si @AnnisaAziez ngasih tau kita tentang hari jamban sedunia tersebut lewat mention twitter.

Maka aku tergugah untuk mengadakan survey dengan tema hari jamban sedunia lewat media twitter. Seperti  yang kita tau, secara umum ada dua jenis jamban yaitu jamban jongkok dan jamban duduk. Surveyku kali ini adalah untuk mengetahui jenis jamban apa yang lebih nyaman menurut pandangan mereka. Kira-kira pukul 21:00 WIB aku melemparkan pertanyaan nggak jelas ini di twitter:


Ternyata pertanyaan tersebut mendapatkan cukup banyak respon dari para folowersku yang unyu-unyu. Banyak mention nggak jelas yang masuk. Walaupun sesudah penutupan polling survey pada pukul 22.00 WIB masih banyak, bahkan lebih banyak responden yang merespon polling yang aku berikan setelah penutupan survey. Berikut adalah data-datanya:

Dari jumlah keseluruhan responden, 19,6% responden menjawab dengan jawaban yang nggak jelas. Berikut adalah beberapa sampelnya:






Sedangkan dari responden yang lebih memilih jamban duduk kurang lebih 6,5% dari keseluruhan responden. Berikut adalah beberapa sampelnya:





Responden yang lebih memilih jamban duduk sebagian besar beralasan karena kanyamanan, kenyamanan yang tidak mereka temukan saat menggunakan jamban jongkok. Bahkan ada yang beralasan bahwa dengan menggunakan jamban duduk, dia dapat melakukan kegiatan lain semisal chattingan, ngerjain tugas kuliah, makan, upacara bendera, dll.

Mayoritas dari jawaban atas pollinng yang aku lemparkan di twitter adalah pilihan jamban jongkok. Sebanyak 73,9% responden lebih memilih jamban jongkok. Berikut adalah beberapa sampelnya:






Alasan yang diberikan oleh para resonden yang lebih memilih jamban jongkok bermacam-macam. Dari yang mengatakan kalo pake jamban jongkok adalah posisi yang paling nyaman karena kita dapat mengeluarkan semua sisa-sisa makan dengan maksimal. Ada pula yang mengatakan kalo pake jamban jongkok lebih steril, karena bagaimanapun jika kita menggunakan jamban duduk, secara tidak langsung pantat kita bersentuhan dengan  pantat orang lain, terlebih di toilet umum. Hiyyy... Bahkan ada yang beralasan dengan menggunakan jamban jongkok, jiwa nasionalisme dan patriotisme kita akan bertambah. Karena jamban jongkok merupakan hasil karya pribumi, dan yang pasti dengan menggunakan jamban jongkok akan mengurangi jumlah import jamban duduk merek luar. Maka pertumbuhan ekonomi mikro di Indonesia akan berkembang baik dengan penjualan jamban jongkok yang meningkat.

Dari sejumlah respon dan alasan-alasan yang masuk ke tab mentionku, ada mention yang sangat damn it's true banget, kayak begini:



Mention ini bener-bener mirip apa yang aku lakukan, hehe. Bukan karena nggak terbiasa ataupun ndeso, tapi memang orang-orang yang tetap jongkok walaupun dia menggunakan jamban duduk merupakan orang-orang yang punya pendirian yang tetap. Pendirian mereka nggak akan goyah walaupun dibayar tiap kali mereka buang air besar. Sebenernya hal ini, tetap jongkok walaupun pake jamban duduk, itu berbahaya bagi si pengguna jamban. Karena dia bisa saja terpeleset karena pijakan jamban duduk sangat kecil dan memang di desain untuk kenyamanan duduk, bukan jongkok.

Demikian #survey yang bertemakan Hari Closet Jamban Sedunia. Ucapan terima kasih bagi para followersku sebagai resonden yang sudah membantu survey kali ini. Akhir kata selamat Hari Jamban Sedunia, berceboklah! :)